5 Jan 2011

kejujuran yang pahit atau kebohongan yang manis?


pengendalian diri merupakan hal yang paling sukar aku lakukan, watak dan kepribadianku yang keras membuatku tumbuh menjadi seseorang yang keras dan tegas. bagi sebagian orang-orang didekatku yang baru mengenal aku, mungkin mereka akan merasa sedikit tidak nyaman, mengapa? karena aku selalu mengatakan sesuatu to the point dan tidak pernah sekalipun aku berkata yang bertentangan dengan hatiku. jika aku tidak suka ya aku bilang tidak suka, kalau merasa sesuatu itu buruk maka aku akan berkata itu buruk dan itulah aku.

tak jarang sikapku ini membuat beberapa orang tersinggung dan bereaksi padaku, dari yang mengeluarkan airmata sampai mengatakan bahwa aku ini kasar dan akhirnya menjauhiku. tapi sedikit pun aku tak pernah merasa bersalah mengapa? karena aku merasa aku mengatakan kenyataan dan walaupun itu pahit akan lebih baik daripada aku mengatakan kebohongan atau sesuatu yang bertentangan dengan hatiku.

sebaliknya, bagi orang-orang yang telah lama mengenalku dan mengetahui karakterku dengan baik, mereka justru menjadikanku bahan olokan dan gurauan dan apapun yang keluar dari mulutku selalu bisa diterima oleh mereka. selain itu mereka pasti akan tahu jika aku mencoba menghibur mereka dengan kata-kata manis namun tak sesuai dengan hatiku karena raut wajahku akan berubah seketika.

mengapa kebanyakan orang lebih senang mendengar hal-hal yang sifatnya memuji dan perkataan-perkataan manis walaupun belum tentu apa yang didengar oleh mereka adalah suatu kenyataan dan kejujuran? tak jarang pula orang memanfaatkan kata-kata untuk mencari perhatian guna mendapatkan apa yang mereka inginkan. apa memang sifat dasar manusia yang membuat mereka lebih bisa menerima sesuatu yang manis tapi bohng dibandingkan dengan menerima kepahitan tetapi suatu kenyataan?

2 komentar:

  1. It's ok Grey....
    Manusia tidak ada yg sama.. Tapi apapun dan bagaimanapun yang keluar dari hati itu akan lebih baik kok.

    (Ternyata kamu sama dgn teman terdekatku, tp fine aja kok)

    BalasHapus
  2. @SJ,,, hahahahahaha klo wataknya grey memang apa yang dirasa itulah yang di keluarkan,,, ga tau klo orang lain ^^

    BalasHapus